Tanaman yang masih merupakan keluarga besar umbi-umbian ini merupakan salah satu tanaman yang sangat diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di dapur.  Hampir semua masakan yang ada di Indonesia menggunakan tanaman ini untuk resep masakannya.

Apakah Anda pernah terpikir untuk menanam sendiri umbi yang satu ini? Kalau iya sepertinya itu bukan ide yang buruk karena dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membelinya.

bwg pth min

Apalagi menanamnya tidaklah sulit ataupun membutuhkan media tanam tertentu yang harganya mahal. Anda bisa menanamnya di wadah plastik bekas atau polybag.

Simaklah ulasan berikut ini agar Anda tahu bagaimana cara menanam bawang putih yang benar agar bisa tumbuh dengan baik. Sedikit banyak di kemudian hari Anda pasti merasa bersyukur karena memutuskan untuk menanamnya.

Pilihlah Jenis Bawang yang Ingin Anda Tanam

Ada dua jenis yang bisa  Anda pilih, yaitu softneck dan hardneck.  Pemilihan ini hendaknya disesuaikan dengan keadaan dimana Anda akan menanamnya.

Apabila daerah Anda merupakan daerah dengan cuaca yang panas maka Anda harus menanam bawang berjenis softneck. Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki cuaca dingin maka Anda harus memilih hardneck.

Pastikan Anda tidak salah memilih jenisnya karena bisa mempengaruhi kesuksesan kegiatan tanam menanam Anda ini.

Siapkan Wadah Anda

Seperti yang dijelaskan bawang putih tidak membutuhkan wadah atau media khusus jadi Anda bisa menanamnya dimana saja. Anda bisa menggunakan gelas plastik bekas minum yang agak besar untuk menanamnya satu persatu.

Atau apabila Anda ingin mereka berjajaran Anda bisa membeli pot yang memanjang sehingga ruangnya luas dan dalam satu pot bisa berisi lebih dari satu tanaman bawang.

Carilah Media Tanam yang Bagus

Ambillah tanah dari pekarangan rumah Anda yang memiliki tingkat kesuburan paling bagus. Anda juga bisa menambahkan pupuk kompos untuk membantu pertumbuhan bawang tersebut.

Jadi Anda tidak perlu membeli tanah khusus untuk menanamnya. Bahkan apabila Anda tidak memiliki pupuk sama sekali Anda bisa tidak menggunakannya pula.

Tanamlah Bawang Anda

Setelah semua persiapan selesai dilakukan maka sekarang Anda bisa mulai menanam bawang Anda. Mulailah dengan memisahkan bawang menjadi satu siung semuanya.

Isilah wadah Anda dengan tanah subur yang sudah Anda pilih. Kemudian berilah sedikit pupuk organik apabila Anda memilikinya.

Ambil satu siung bawang kemudian tekan bagian yang rata ke tanah hingga bawang tertanam setengahnya. Lakukan sampai semua wadah Anda terisi dengan satu siung bawang.

Siramilah dengan sedikit air dan letakkan wadah Anda ke tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Itulah cara mudah untuk menanam bawang putih sendiri di rumah Anda. Segeralah persiapkan semua yang dibutuhkan dan tanam bawang Anda!

 

penulis